Kamis, 02 September 2010

Magic cube (Rubik)

Pernahkah Anda mendengar permainan rubik ?  Pernahkah  Anda memainkannya ? Lalu bagaimana hasilnya, terselsaikan atau malah pussinnnggg terus bantingg... Jangan khawatir, Anda bukan seorang diri.


Kubus Rubik adalah sebuah teka-teki mekanik ditemukan pada 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus (3x3) ini terbuat dari plastik terdiri dari 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Kubus ini dibuat kembali pada 1980 dan dipasarkan di dunia Barat pada Mei. Dan dikatakan merupakan mainan paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik dan imitasinya terjual.

Tahukah Anda bahwa dalam satu buah kubus rubik 3x3 memiliki 43,252,003,274,489,856,000 kemungkinan dlm setiap pergerakan. Bahkan konon sang penemu ide permainan ini Ernő Rubik tak yakin klo permainan yg ia ciptakan dapat diselesaikan hingga ada seseorang yang datang kepadanya dengan menunjukkan bahwa permainan rubik dpt terselsaikan. Kini rubik muncul dengan varian-varian yang lebih menantang rubik 4x4, rubik 5x5, rubik 6x6, hingga rubik 7x7 sudah muncul dipasaran.. kebayang gak tuh, gimana caranya ???


Awalnya saya sendiri pun tak yakin kalau permainan ini dpt diselesaikan klo gak liat langsung ada temen yg bawa rubik ke kantor dan gubrakk.. jadi !!! Maklum belum tau cara-cara dan tahapannya dalam menyelsaikan permainan ini.. Akhirnya coba udek-udek google dan brakkk ternyata banyak bener cara dan solusi juga trik-triknya. Walhasil esoknya langsung beli rubik 2 buah (agak susah nih nyarinya), kenapa 2 ? yaa yang 1 lagi buat cadangan sapa tau lg kesel itu rubik gw banting (hihihihi..).

Walhasil ternyata perlu waktu 1 minggu buat gw untuk belajar dari nol, mulai mengenal rubik ampe segala trik-triknya. Sekarang rubik selalu gw bawa-bawa, kalo2 iseng udah gak jaman utak atik handphone kini beralih ke rubik. (Hahahahaha..). Rekor terbaikku 3 menit untuk menyelesaikan permainan 1 buah rubik 3x3. Not bad lahhh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar